Pemberian daya pada Board NodeMCU ESP8266

February 24, 2019
iotqu - Pemberian daya pada Board NodeMCU ESP8266 
Catu Daya Board yang dikembangkan NodeMCU salah satunya NodeMCU ESP8266 yang sering banyak digunakan dalam IoT yang murah meriah. board NodeMCU yang murah itu  dapat diberi daya dengan berbagai cara. Artikel ini membahas daya yang bisa diberikan kepada NodeMCU ESP8266. berikut ilustrasi yang menunjukkan pin yang terkait dengan daya.


Catu Daya Sederhana NodeMCU ESP-12E Skema Sederhana


di rangkaian diatas ada Dioda Schottky ini berarti Anda dapat memberikan daya VIN dan USB dengan aman. Sesuatu yang diperlukan jika suatu saat port USB (chokes) tersedak. Perlu diingat, ada lima pin ground dan tiga pin 3.3V. Mereka adalah titik listrik yang sama dan karenanya tidak termasuk dalam skema di bawah ini.

Tinjauan Umum Opsi Pasokan Anda

Meneliti Skema, ada 3 opsi pendekatan dasar yang bisa dilakukan untuk pemberian daya pada NodeMCU ESP8266.
  1. Gunakan Daya USB ... Bagus untuk memuat program, tetapi tidak begitu baik jika Anda ingin proyek Anda benar-benar terputus dari komputer.
  2. Berikan 3.3V secara langsung ... Ini adalah opsi yang kuat. Dengan regulator sendiri, Anda dapat menyediakan sumber daya yang kuat untuk perangkat Anda.
  3. Memberikan Daya ke VIN ... Regulator diberi peringkat hingga 800 mA. Dalam beberapa kasus, itu sudah lebih dari cukup. Kehati-hatian harus diperhatikan untuk melacak muatan Anda jika niat Anda adalah memberi daya pada perangkat lain dari pin 3.3.V.

Contoh pemberian Catu Daya NodeMCU 

1. Nyalakan daya NodeMCU ESP8266 melalui Port USB komputer anda

Ini berfungsi dengan baik. Pada Anda itu mungkin tidak. Beberapa port USB tidak dapat menyediakan arus yang diperlukan untuk papan pengembangan ESP8266.

Gunakan Unit Pasokan Atas Bench (Minghe B3603)
Seperti yang ditunjukkan skema, ada regulator 3.3V on board. Terhubung ke VIN. Ini memungkinkan kami untuk memberikan sesuatu selain dari 3,3 V ke papan tulis.
Jika Anda terus-menerus menguji ide, memiliki arus konstan kecil, pasokan tegangan konstan yang dapat disesuaikan adalah cerdas. 
Dalam contoh ini, catu daya diatur ke 5V dan terhubung ke VIN. Itu harus mampu memberikan lebih dari 1,0 Amp arus tanpa masalah panas. Seperti disebutkan sebelumnya, ESP8266, ketika melakukan hal itu, dapat membawa arus.

CATATAN - Anda bisa menggunakan tegangan yang lebih tinggi. Saya memilih 5V karena saya sering memiliki perangkat lain yang ditenagai oleh 5 Volts.

Gunakan Minghe Supply dan Connect to 3.3V Input
Pengaturan yang mirip dengan apa yang digambarkan di atas adalah apa yang diperlukan. Atur voltase menjadi 3,3 Volt dan sambungkan ke salah satu input 3V.

Gunakan Wall Wart

Sesuatu seperti suplai sembilan volt akan bekerja dengan baik. Anda hanya perlu memotong ujungnya. Gunakan meteran untuk memverifikasi polaritas dan kemudian hubungkan.

Gunakan daya NodeMCU dengan Baterai 9V

Anda mungkin ingin memikirkan baterai yang dapat diisi ulang jika ini adalah rute yang Anda pilih.

Berikan daya pada Board ESP-12E dengan Regulator 3.3V

Opsi ini memungkinkan Anda untuk memberi daya pada perangkat 3,3 volt lainnya. Saya biasanya menggunakan beberapa kapasitor 10 uF dalam rangkaian seperti ini.


Artikel Terkait

First